Minggu, 05 November 2017

Rangkuman Materi Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi (Pertemuan ke - 9)


Nama : Panji Wiratama Santoso
NIM : 1705551098
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana

Mata Kuliah : Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T


Dalam pertemuan ke 9 kemarin, kami sudah dijelaskan mengenai beberapa materi yang lebih kompleks mengenai peranan sistem dan teknologi informasi dalam dunia nyata, database, operating system , dan pemrograman.
Langsung saja masuk ke dalam inti yaitu hal yang telah saya rangkum adalah sebagai berikut :


A.Peran Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Dunia Nyata

Peranan Sistem dan Teknologi Informasi dalam dunia nyata dapat kita rasakan pada teknologi seperti BUS dan I/O (Input dan Output), memori (RAM dan ROM), dan Sistem Bilangan Aritmatika dimana pada teknologi-teknologi tersebut dapat membantu dalam bidang komputerisasi, komputasi, hardware komputer, layanan Cloud (Infrastructure As A Service Cloud), animasi, robotika, dan lain lain. Konsep selanjutnya adalah membahas basis data, pemorgraman (struktural dan object oriented program), dan networking dan operating system dimana materi-materi tersebut akan dibahas lebih lanjut.

B.Peran Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis

Peranan Sistem dan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis yaitu dengan adanya Social Media, dimana potensi dari Social Media tersebut sangat menjanjikan jika dikelola dengan sebaik mungkin. Peranan Sistem dan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis ini perlu dibarengi dengan penyedia layanan server, data center, layanan cloud computing, keamanan system, dan lain sebagainya. Sebagai mahasiswa yang menimba ilmu di Jurusan Teknologi Informasi kita harus memahami teknologi di belakang layar Social Media tersebut dengan mengikuti mata kuliah Aplikasi Sosial Media.

C. Peran Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Dunia Database

Peranan Sistem dan Teknologi Informasi dalam dunia Database ditunjukan dengan adanya perusahaan terbesar di dunia di dalam bidang database, yaitu Oracle. Oracle menyediakan banyak sekali akses informasi-informasi yang berupa paper maupun artikel. Produk-produk dari Oracle banyak digunakan di perusahaan dan instansi pemerintahan di Indonesia. Jika ingin mendalami Database dan ingin melanjutkan pekerjaan dalam bidang database, memasuki perusahaan terbesar database di dunia, Oracle merupakan sebuah target!.

D. Peran Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pemrograman

Peranan Sistem dan Teknologi Informasi dalam dunia pemrograman adalah menyediakan IDE (Integrated Development Environment) dimana IDE tersebut merupakan wadah bagi seorang progammer untuk menuliskan kode program dan mengcompile program sehingga program yang telah dibuat tersebut dapat dijalankan pada komputer. IDE banyak tersedia untuk beragam platform dan sebagian besar open source. Contoh-contoh dari IDE tersebut adalah Eclipse, Android Studio, Netbeans, Geany, dan DevC. Peranan Sistem dan Teknologi Informasi dalam dunia pemrograman juga dapat membantu dalam developing game. Pembuatan suatu game melibatkan banyak aspek seperti programming, desain, pembuatan alur cerita sampai ke tahap testing (beta) dari game tersebut.


Ada beberapa macam pemrograman yang ada berkembang saat ini, yaitu Visual Programming yang berfokus pada pengembangan aplikasi pada platform desktop. Ada juga Mobile Programming dimana programmer dapat membuat aplikasi-aplikasi mobile dengan berbagai basis operating system dengan kegunaan-kegunaan yang berbeda. Serta adanya Game Programming dimana programmer dapat menciptakan permainan pada platform yang mereka pilih baik itu desktop maupun mobile. 


Sumber referensi :

I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T; Peran Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Dunia Nyata-Bisnis-Database-dan-Pemrograman, Senin, 31 Oktober 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar